Home » , , , » Tutorial: Step by Step Cara Membeli Cloud VPS DigitalOcean 5 USD

Tutorial: Step by Step Cara Membeli Cloud VPS DigitalOcean 5 USD

Written By Unknown on Sabtu, 17 Agustus 2013 | 01.46

VPS Cloud DigitalOcean termasuk salah satu cloud VPS yang memiliki harga sangat murah jika dibandingkan cloud VPS yang ada dipasaran. Hanya dengan 5 USD, kita sudah bisa memiliki cloud VPS.
512MB Ram sudah sangat cukup untuk membangun blog wordpress yang hebat. Jika kamu bosan dengan shared hosting atau selalu di-suspend gara-gara wp-robot, tidak ada salahnya untuk mencoba DigitalOcean.
Sekarang, DigitalOcean memiliki tiga lokasi, NewYork, Amsterdam, dan SanFransisco. Kedepannya, mereka berencana menambahkan server Asia, belum jelas lokasi pastinya, tetapi menurut saya mereka akan membangunnya di Hongkong atau Singapore.
Salah satu komitmen mereka adalah “Built by developers for developers“. Maksudnya mereka tahu kebutuhan dan keingan developers.
Mereka juga memiliki library yang cukup lengkap, DigitalOcean Help Community. Di sana kita bisa mendapatkan tutorial lengkap bagaimana menginstall software atau membangun host wordpress.
Lalu bagaimana cara membeli VPS DigitalOcean? Ikuti step by step di bawah, kita akan mencoba cloud VPS murah DigitalOcean hanya dengan 5 USD saja.

Step by Step Membangun Cloud VPS DigitalOcean

Tidak perlu waktu lama untuk membangun VPS DigitalOcean, hanya 55 detik saja cloud VPS murah kita sudah siap dipakai.
Bagaimana cara lengkapnya?
Berikut adalah step by step membangun VPS DigitalOcean. Pada tutorial ini saya asumsikan bahwa kamu belum pernah membeli VPS sebelumnya.
Pertama, Deposit droplets.
Berbeda dengan cara pembayaran pada umumnya. Jika pada hosting provider lain kita membayar lalu akun hosting akan delevery melalaui email. Pada DigitalOcean kita melakukan deposit terlebih dahulu, nantinya kita bisa membuat VPS hanya dengan 55 detik.
cara membeli VPS
Add caption
Login DigitalOcean
Lakukan registrasi di https://www.digitalocean.com/registrations/new. Setelah itu akan ada email masuk dari DigitalOcean yang berisi informasi kontak dan lainnya.
Login ke DigitalOcean dengan email dan password yang telah dibuat sebelumnya, https://www.digitalocean.com/login.
VPS DigitalOcean
Add caption
Deposit Droplets
Kita akan masuk ke halaman droplets DigitalOcean. Semua aktifitas seperti update DNS, SSH keys, dan update VPS akan dilakukan di halaman ini.
Sekarang kita akan membuat VPS 512MB melalui halaman ini. Pilih menu Droplets, lalu klik Get Started.
Pembayaran Melalui Paypal
Add caption
Pembayaran Melalui Paypal
Ada dua pilihan menu pembayaran, paypal dan creditcard, saya sendiri akan melakukan pembayaran melalui paypal. Kita bisa melakukan deposit sampai 100 USD, untuk sekarang saya hanya akan melakukan deposit 5 USD saja.
VPS DigitalOcean
Add caption
Review Pembayaran
Kita akan masuk ke menu paypal, pilih pay with paypal account. Login dengan paypal account kita.Klik Pay Now. Nantinya kita akan dibawa ke halaman Droplets Billing DigitalOcean.
DigitalOcean Balance & Usage
Add caption
DigitalOcean Balance & Usage
Sekarang kita sudah memiliki deposit 5 USD.
Kedua, Depeloy VPS
Kita sudah memiliki 5 USD. Selanjutnya kita akan membangun VPS paling hemat di DigitalOcean, 512MB. Tidak perlu waktu lama, hanya 55 detik, VPS kita sudah siap dipakai.
Cloud VPS Murah
Add caption
Create Droplet
Masuk kembali ke menu droplets. Lalu pilih create droplets.
Cara membeli VPS DigitalOcean
Add caption
Host Name
Sekarang kita akan membuat VPS yang kita inginkan. Yang pertama harus kita isi adalah hostname. Hostname mirip dengan nama komputer di PC.
Untuk hostname, saya akan mengisinya dengan domain saya sendriri, misalnya ngeblog.co. Hostname nantinya akan menjadi subdomain dari domain tersebut.
Contoh hostname yang saya buat: pluto.ngeblog.co
Lokasi Server DigitalOcean
Add caption
Pilih Resources dan Lokasi
Langkah selanjutnya memilih resource yang kita perlukan. Setelah itu memilih lokasi, karena pengunjugn saya dari Indonesia dan Asia Timur, maka saya memilih Region San Fransisco. Jika pengunjung blog kamu dari Eropa atau timur tengah, sebaiknya pilih New York atau Amsterdam.
DigitalOcean Templates
Add caption
Pilih Sistem Operasi
Setelah kita memilih resource dan lokasi, selanjutnya kita akan melakukan installasi sistem operasi. Saya sendiri memilih sistem operasi Ubuntu 12.04 x32.
Perlu diperhatikan, arsitektur x32/x86 lebih hemat resource dibanding x64. Jika VPS yang kita miliki memiliki RAM dibawah 2GB sangat direkomendasikan untuk memakai x32/x86.
Langkah terakhir, checklist Enable VirtIO dan klik Create Droplets.
*VirtIO digunakan untuk menginkatkan performa dari diskIO.
Depeloying VPS DigitalOcean
Add caption
Depeloying VPS DigitalOcean
Hanya dengan 55 detik, VPS kita telah selesai dibuat oleh DigitalOcean.

Akses VPS dengan PuTTY

Setelah VPS kita aktif, kita akan mendapat email dari DigitalOcean yang berisi root password untuk akses root. Untuk mengakses root kita akan memakai PuTTY. Download PuTTY, atau download installer-nya.
Install PuTTY seperti menginstall software pada umumnya. Buka PuTTY, kita akan mesuk pada halaman PuTTY.
PuTTY Configuration for VPS
Add caption
PuTTY Configuration
Agar kita tidak perlu memasukan IP setiap kita akan login, isi save season dengan hostname/atau lainnya, klik save. Lalu klik hostname yang kita buat dan load untuk masuk kembali. Klik Open.
Login Melalui SSh
Add caption
Login Melalui SSh
Masuk sebagai root dan password yang telah disediakan di email.
Berhasil Login ke Server DigitalOcean
Add caption
Berhasil Login ke VPS DigitalOcean
Contoh halaman berhasil login. Untuk mengganti password, kita hanya perlu menuliskan command
passwd
lalu tekan enter, nantinya kita akan diminta memasukan password baru.

Apa Selanjutnya..

Kita telah memiliki VPS DigitalOcean hanya dengan 5 USD saja. Selanjutnya kita bisa menggunakan VPS ini apa saja. Tetapi, saya akan membuat VPS DigitalOcean ini sebagai host blog wordpress.

0 komentar:

Popular Posts

Visitor Conter

Flag Counter

Display

Display 0ne